Menu Melayang

Hanya Tampil di HP

Tidak Tampil di HP

HEADER UTAMA

PINGIN DESAIN BANGUNAN MEWAH INDAH BIAYA MURAH

DI PERCAYA OLEH 753 PELANGGAN

Kami jasa desain arsitektur untuk rumah, villa, kost-kostan maupun bangunan lainnya seperti ruko, kantor, apartement, condotel, resort dan lain-lain. Pertama berdiri pada tahun 2006 dengan nama Murni Design Home Studio,





Membuat Konstruksi Bangunan Tahan Gempa


Kerusakan Akibat Gempa Bumi
Berdasarkan data terakhir rata-rata setiap tehun terjadi sepuluh kegiatan gempa bumi dengan kekutan cukup besar. Gempa Aceh, Jogja dan Padang adalah contoh kasus yang mengakibatkan kerusakan cukup besar di Indonesia

Gempa tersebut sebagian terjadi di daerah lepas pantai dan sebagian lagi pada daerah pemukiman. Hal ini bisa terjadi karena wilayah Indonesia mencakup daerah-daerah memiliki tingkat resiko gempa yang tinggi diantara beberapa daerah gempa di seIuruh dunia.
Sebenarnya apa yang terjadi sehingga gempa bisa menyebabkan kerusakan yang cukup dahsyat pada daerah yang dilanda? Di lokasi bangunan, gempa bumi menyebabkan tanah dibawah bangunan dan di sekitarnya tergoncang dan bergerak secara tak beraturan. Percepatan tanah terjadi dalam tiga dimensi membentuk kombinasi frekwensi getaran mulai dari 0,5 Hertz hingga 50 Hertz.

Aapabila bangunan kaku terhadap tanah (dan relatif tidak dapat tergeser) gaya inersia yang menahan percepatan tanah akan bekerja pada tiap-tiap elemen struktur dari bangunan selama gempa terjadi. Besarnya gaya-gaya inersia ini tergantung dari berat bangunannya, semakin ringan berarti semakin kecil gaya inersia yang bekerja dalam elemen struktur tersebut. Bayangkan saja apa yang terjadi dengan bangunan yang kurang kaku terhadap tanah.

Sebagai seorang engineer bertanggungjawab mendirikan bangunan sedemikian rupa sehingga bangunan tetap mampu berdiri menahan gaya-gaya inersia tersebut. Pertanyaan yang timbul kemudian, “Bangunan seperti apa yang bisa tahan terhadap gempa?”

Pengertian dari bangunan tahan gempa adalah seperti di bawah ini :

· Jika digoyang gempa ringan, tidak mengalami kerusakan apa-apa,

· Jika digoyang gempa sedang, hanya mengalami kerusakan pada elemen non struktural saja,

· Jika digoyang gempa besar, boleh saja mengalami kerusakan pada elemen non struktural maupun struktural, tetapi bangunan harus tetap berdiri dan tidak boleh rubuh.

Lalu bagaimana membuat bangunan yang bisa memenuhi kriteria di atas. Ada beberapa acuan yang bisa kita aplikasikan untuk membuat sebuah bangunan yang tahan gempa. Berikut ini prinsip-prinsip bangunan tahan gempa

1. Denah yang sederhana dan simetris

Penyelidikan kerusakan akibat gempa menunjukkan pentingnya denah bangunan yang sederhana dan elemen-elemen struktur penahan gaya horisontal yang simetris. Struktur seperti ini dapat menahan gaya gempa Iebih baik karena kurangnya efek torsi dan kekekuatannya yang lebih merata.

2. Bahan bangunan harus seringan mungkin

Seringkali, oleh karena ketersedianya bahan bangunan tertentu. Arsitek dan Sarjana SipiI harus menggunakan bahan bangunan yang berat, tapi jika mungkin sebaiknya dipakai bahan bangunan yang ringan.

Hal ini dikarenakan besarnya beban inersia gempa adalah sebanding dengan berat bahan bangunan.

Sebagai contoh penutup atap genteng diatas kuda-kuda kayu menghasilkan beban gempa horisontal sebesar 3 x beban gempa yang dihasilkan oleh penutup atap seng diatas kuda-kuda kayu. Sama halnya dengan pasangan dinding bata menghasiIkan beban gempa sebesar 15 x beban gempa yang dihasilkan oleh dinding kayu.

3. Perlunya sistim konstruksi penahan beban yang memadai

Supaya suatu bangunan dapat menahan gempa, gaya inersia gempa harus dapat disalurkan dari tiap-tiap elemen struktur kepada struktur utama gaya honisontal yang kemudian memindahkan gaya-gaya ini ke pondasi dan ke tanah.

Adalah sangat penting bahwa struktur utama penahan gaya horizontal itu bersifat kenyal. Karena, jika kekuatan elastis dilampaui, keruntuhan getas yang tiba-tiba tidak akan terjadi, tetapi pada beberapa tempat tertentu terjadi Ieleh terlebih dulu.



ARTIKEL TERBARU

Artikel Terbaru



KONTAK DATA ADMIN

Butuh Bantuan ?

Silahkan hubungi kontak kami di bawah ini


testimoni

Nama Anda

Kontak Admin :
Kami siap membantu anda kapan saja



CHAT MELAYANG KANAN KIRI

Copyright

Copyright 2018 © Jasa Situs
Powered by Jasa Blog